alihkan bahasa sesukamu!!

Minggu, 21 Agustus 2011

Mengenang Lahirnya Indonesia

fajarpost

66 tahun sudah negara ini merdeka. Tetapi masih sedikit diantara kita mengenal akan sejarah terutama proses terjadinya perebutan kemerdekaan itu. Hal ini dikarenakan minimnya dokumentasi tentang perjuangan dan proses kemerdekaan yang direbut para pejuang.

Bertepatan dengan HUT ke-66 Republik Indonesia, Galeri Foto Jurnalistik Antara (GFJA) Jakarta menyajikan pameran khusus 66 foto bersejarah dari tanggal 19 Agustus hingga 19 September. Sebagian besar dari koleksi yang ditampilkan merupakan karya yang jarang atau bahkan lolos dari publikasi. Baik dalam siaran media maupun dalam buku-buku pendidikan sejarah kita.

Dengan mengambil tajuk "Dari Pegangsaan Sampai Rijswijk". Pegangsaan Timur merupakan kediaman Bung Karno, semantara Rijswijk adalah Gedung Istana Merdeka membuat kita seolah diingatkan kembali betapa berlikunya perjalanan perjuangan Indonesia menuju kemerdekaan.

Karya-karya foto Frans Mendur serta para pewarta foto yang tergabung dalam Indonesian Press Photo Service atau IPPHOS menghiasi dokumentasi negara yang cukup penting akan lahirnya negara ini. Foto yang sangat menarik adalah foto pada hari lahirnya republik kita sampai penampilan Bung Karno di halaman Istana Merdeka 17 Agustus 1950. Peringatan pertama kalinya kemerdekaan setelah lima tahun tersingkir dalam pemerintahan di pengasingan Yogyakarta.Pada bulan Ramadhan semangat lahirnya negara ini tercetus. Dan semoga di bulan Ramadhan ini juga semangat ini masih tersisa pada diri kita masing-masing. (tanti)

Tidak ada komentar: