alihkan bahasa sesukamu!!

Jumat, 30 Mei 2014

PDAM KOTA MALANG TARGETKAN PELANGGAN 100% DI 2018

Direktur Utama PDAM Kota Malang M. Jemianto mengatakan sampai dengan kuartal I/2014 pelanggan PDAM sudah mencapai 126.996 satuan sambungan rumah (SR).“Dengan mengacu Permendagri yang menyebut bahwa bahwa satu keluarga terdiri atas enam jiwa, maka cakupan layanan sudah mencapai 92%,” kata Jemianto di Malang, Rabu (21/5/2014).
Namun mengacu data dari Badan Pusat Statistik, kata Direktur Teknik  PDAM Kota Malang Teguh Cahyono, rerata jumlah anggota setiap keluarga di kota tersebut lima orang sehingga cakupan layanan menjadi 79%.Dengan demikian, masih 21% warga Kota Malang yang masih belum dilayani air bersih PDAM Kota Malang.
Karena itulah, PDAM masih terus mendorong warga untuk mengkonsumsi air minum perusahaan daerah tersebut dengan berbagai kemudahan, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
Bagi MBR, hanya dikenakan biaya Rp500.000, padahal normalnya sekitarnmya Rp900.000. Jika ditambah biaya pemasangan intalasi, maka totalnya bisa mencapai Rp3 juta jika lokasinya jauh dari pipa PDAM.
”Jadi untuk pelanggan MBR, kami bebaskan dari biaya tambahan intalasi,” ujarnya.
Hal itu bisa terjadi karena PDAM Kota Malang mendapatkan bantuan hibah dari Australian Agency for International Development (AusAID) adalah lembaga Pemerintah Australia yang bertanggung jawab untuk mengelola program bantuan luar negeri Australia.
Pada 2013, nilai bantuan AusAID mencapai Rp24 miliar untuk pemasangan 8.500 SR dari MBR, sedanmgkan untuk untuk tahun ini lebih banyak, yakni 12.000 SR dengan nilai bantuan sebesar Rp34 miliar.
Menurut dia, area layanan PDAM Kota Malang sudah mencapai mencapai 90%. Hanya daerah Kelurahan Buring, Kec. Kedungkandang, yang belum bisa dilayani karena elevasi lokasinya yang tinggi.
“Namun dengan beroperasinya sumber air Sumper Pitu, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang, maka daerah tersebut sudah dapat dilayani,” ujarnya.
Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Kota Malang Miftahul Munir menambahkan perusahaan tersebut menargetkan cakupan layanan 100% diharapkan bisa tercapai sampai lima tahun mendatang, yakni pada 2018.Area cakupan layanan PDAM Kota Malang mulai tahun depan diharapkan sudah mencapai 100%. Artinya, tidak ada daerah di wilayah kota tersebut yang tidak terjangkau layanan PDAM.(ten/mad)

Tidak ada komentar: