alihkan bahasa sesukamu!!

Jumat, 07 Januari 2011

SLTP Negeri 3 singosari Sudah Mendirikan Kantin kejujuran


Singosari-malang
Fajarpost
Setelah Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang saat lalu meresmikan kantin kejujuran di SMKN 1 Kota Malang. Peresmian ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi yang jatuh pada 9 Desember hari ini.Giliran SLTP negeri 03 Singosari Terpilih lewat seleksi sebagai sekolah SMP yang mendapatkan program pendirian kantin Kejujuran dari jawa timur senilai 7 juta rupiah,seperti dikatakan Dra. Hj. Siti Cholifah, M.Si selaku kepala sekolah(6/1).
Kantin kejujuran pertama kali digagas oleh lembaga peradilan di negeri ini untuk mendidik para karyawannya agar senantiasa jujur. Secara cepat konsep kantin kejujuran ini mendapat respon positif dari dunia pendidikan untuk menjadi model pembelajaran kejujuran pada siswa sejak dini. Pelajaran kejujuran itu harus dimulai dari sekolah dan ide tentang ‘Kantin Kejujuran” tersebut sungguh menarik.

Begitu menariknya sehingga dengan cepat ide ‘Kantin Kejujuran’ ini diadopsi di mana-mana dan dianggap sebagai sebuah solusi untuk mendidik manusia-manusia Indonesia yang terkenal ‘ndableg puol’ dalam soal korupsi. Ide ini berhasil entah dimana, diberitakan dengan penuh gegap gempita, dan dianggap sebagai sebuah cara yang sangat tepat untuk mendidik siswa agar kelak tidak tumbuh menjadi koruptor seperti yang trend sat ini. Untuk itu siswa harus diajari untuk bersikap jujur, tidak boleh ngemplang di kantin, tidak boleh kucing-kucingan dengan pemilik kantin yang bermata elang, dan yang penting diberi kepercayaan bahwa mereka, para anak-anak penerus generasi bangsa tersebut, pastilah bisa lebih jujur .
Cholifah juga menyampaikan kantin kejujuran sebenarnya konsep yang bagus untuk petumbuhan karakter.Meski dana untuk mendirikan kantin kejujuran tersebut belum turun atau dikucurkan secara tidak langsung ini program positif,Ungkapnya pada fajarpost.Selain pembenahan mental dirinya selaku kepala sekolah saat ini ( 2011 ) konsentrasi mempertahankan dan menambah kualitas siswa dalam rangka menghadapi unas mendatang.
Unas/ujian nasional tahun ini sekolah SMPN 3 singosari membuat banyak kebijakan kepada murid untuk menambah jam belajar. Akan tetapi pihak kepala sekolah menyampaikan ,"tidak melarang para siswa untuk mencari tempat bimbingan belajar (les) di luar sekolah."ulasnya.(Sur/Moh)

Tidak ada komentar: