alihkan bahasa sesukamu!!

Rabu, 19 Januari 2011

KOTA BATU TARGET 2011


Tarik menarik antara Badan Anggaran Dewan dengan Tim Anggaran Pemkot Batu, terkait besaran target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Batu tahun 2011 akhirnya dimenangkan Dewan. Target perolehan PAD tahun 2011 akhirnya ditetapkan sama seperti tahun lalu sebesar Rp30 miliar, sebagaimana diusulkan dewan.
Padahal Tim Anggaran awalnya bersikukuh agar ada penurunan target PAD menjadi Rp27 miliar, mengingat target PAD tahun 2010 hanya terealisasi Rp17,4 miliar saja. ''Kami sudah ada titik kesepakatan dengan dewan. Dimana target tahun 2011 ditetapkan sama dengan tahun sebelumnya yakni Rp30 miliar,' ungkap Kepala Dinas Pendapatan, Zadim Effisiensi.
Walaupun selama dua tahun Pemkot kesulitan memenuhi target, namun untuk tahun ini pihaknya optimis bisa terpenuhi. Kata kunci rasa optimis itu, ternyata pengalihan pengelolaan keuangan dari Bea Perolehan Hak Tanah Daerah (BPHTD) dan pajak air bawah tanah.
ia mengakui dalam tahun 2010, target PAD meleset dari Rp30 miliar hanya tercapai Rp17,4 miliar. Penyebabnya sektor pendapatan lain-lain seperti bagi hasil cukai, bunga bank atau denda rekanan tidak tepat waktu.
Sedangkan pendapatan dari pajak daerah, justru mengalami kenaikan sebesar Rp1,6 miliar. Pada tahun 2009 pendapatan pajak daerah hanya menghasilkan Rp7,8 miliar dan tahun 2010 naik menjadi Rp9,5 miliar. ''Kalau retribusi, saya tidak tahu persis karena ada pada Dinas Perhubungan. Masalahnya retribusi terbesar berada pada sektor parkir yang digarap Dinas Perhubungan,'' pungkasnya.

Tidak ada komentar: