alihkan bahasa sesukamu!!

Sabtu, 01 November 2014

Bina Desa di Desa Wisata Petik Jeruk


Lapsus: Report-M. Isnaneny
Konten Object: Desa Wisata

(Malang-Fajarpost) Acara Bina Desa yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Malang pada kali ini tampak berbeda dari acara Bina Desa yang pernah dilaksanakan sebelumnya. Pasalnya Kegiatan yang biasanya diadakan Pemkab Malang ini bertempat di daerah – daerah tertinggal di Kabupaten Malang. Karena Pada kali ini, Bina Desa kali ini bertempat di Desa Selorejo Kecamatan Dau, dimana mayoritas mata pencaharian masyarakatnya adalah Petani, dan Sebagian besar Lahan dimanfaatkan untuk Penanaman buah jeruk. Dan masyarakatnya dinilai jauh dari kata ketertinggalan. Malah bisa dibilang desa yang makmur. Karena desa tersebut memiliki sumber daya alam yang bagus, dan dimanfaatkan dengan tepat.
Kegiatan yang dilaksanakan pada 29 Oktober 2014, dan dihadiri langsung oleh Rendra  selaku Bupati Malang dan didampingi oleh jajaran SKPD –Nya. Kegiatan Bina Desa ini bertujuan untuk meningkatan potensi – potensi pariwisata di desa Selorejo. Dikarenakan desa ini memiliki objek wisata alam yaitu, WISATA PETIK JERUK. Dan sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke desa selorejo, namun masih banyak juga masyarakat di Kabupaten Malang yang belum mengetahuinya. Disamping peningkatan potensi – potensi Pariwisata, acara Bina Desa kali ini juga bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa tersebut yang tergolong masyarakat tidak mampu , baik dari sisi ekonomi , ataupun yang lainnya.
Dalam salah satu sesi acara Bina Desa ini, Kepala Desa Selorejo (Suwandi) menjelaskan bahwa di desa Selorejo mempunyai Banyak potensi namun masih perlu peningkatan dalam hal produksi dan teknologi. “Di desa Selorejo ini memiliki banyak potensi seperti kebun jeruk, lahan tanaman Jahe, dan peternakan kelinci,dan warga disini ingin memiliki hasil produksi yang mempunya nilai ekonomi yang tinggi” Ungkapnya. Prioritas desa selorejo ialah pengembangan pada bidang pertanian, H.Suwandi mengatakan “sementara ini kami telah mengadakan pelatihan pelatihan, pengembangan teknologi agar mendapatkan nilai ekonomi yang tinggi” tambahnya. Namun tidak bias dipungkiri meski desa selorejo memiliki begitu banyak potensi namun masih perlu peningkatan, seperti pengolahan hasil produksi dan yang terutama adalah akses jalan menuju desa tersebut, bahkan masih didapati satu dusun yang mayoritas warganya masih tergolong ekonomi rendah.
Di acara tersebut, H. Rendra Kresna turut Memberi kan banyak bantuan dari Kabupaten Malang yang bernilai 1 Milyar lebih, bantuan tersebut bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan produksi pertanian serta lain sebagainya. Dalam sambutannya H. Rendra Kresna menanggapi penjelasan Kades tersebut yang menyangkut akses jalan menuju desa Selorejo, dia  Mengatakan “ Saya berharap akses jalan tidak diperlebar, cuman kwalitasnya yang ditingkatkan. lebih baik membuat terminal, apabila wisatawan ingin kesini, kan bisa naik angkutan kecil atau mobil kelinci seperti di daerah lain itu” tegasnya.

Dengan adanya potensi tersebut H. Suwandi berharap desa Selorejo bisa menjadi Central Pariwisata di Kabupaten Malang, karna tidak hanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Selorejo saja namun bisa berdampak positif untuk masyarakat di desa – desa lainya. RED

Tidak ada komentar: