alihkan bahasa sesukamu!!

Jumat, 27 September 2013

PETIK LAUT DI LAUT SENDANG BIRU MERIAH

Saat itu, digelar kegiatan syukuran nelayan alias petik laut yang dihadiri ribuan pengunjung. Mereka memadati area sekitar TPI Pondok Dadap, yang baru dibangun di dekat dermaga. Kedatangan para pengunjung dimanfaatkan para pedagang makanan, minuman, pakaian, mainan. “Kegiatan petik laut diadakan setiap tahun tepatnya tanggal 27 September,” jelas Sumaji, ketua panitia acara.
Acara petik laut dimulai dengan kirap tumpeng nasi kuning setinggi 2 meter, yang dibawa tandu oleh beberapa warga. Kemudian di belakangnya ada sesaji yang dibuat menyerupai kapal nelayan dan tandu naga singgana Nyi Blorong. Paling belakang, ada pengantin dan pengiringnya. Mereka masuk ke arena TPI sambil menunggu dimulainya labuhan sesaji. Di areal itu ada tempat pelaminan pengantin. Setelah usai peresmian, rombongan tumpeng, sesaji dalam perahu, Nyi Blorong dan rombongan pengantin menuju dermaga. Mereka naik kapal motor yang sudah disiapkan. Di lautan lepas, tumpeng itu dilarung.
Petik laut sebagai kegiatan wujud syukur masyarakat nelayan Sendangbiru atas hasil selama ini. Apalagi pada bulan ini seluruh jenis ikan tersedia di Sendangbiru. Nantinya ribuan nelayan Sendangbiru akan mengikuti kegiatan itu. TPI yang baru ini sebenarnya sudah selesai 2010 lalu. Tapi baru ditempat pada minggu pertama September 2013. Lokasinya di barat dan luasnya tiga kali lipat dari TPI lama yang berada di timur. Goentoro Soepardi, Kepala Pelabuhan dan Kesyahbandaran Pondok Dadap Sendangbiru terpisah menerangkan luas TPI baru ukuran 1200 m2.
Dalam perkembangannya Pantai/pelabukan ini saat ini bukn hanya kurang listrik tapi kurang pengadaan Es batu sebagai salah satu sarana perwatan hasil tangkapan berkualitas,ungkap sunaryo Pengamat perikanan Kab.malang.Satu pendukung yang diperlukan adalah tempat pemrosesan ikan tuna yang belum ada. Ini diperlukan karena pemrosesan ikan itu perlu tempat yang higienis. Apalagi sendangbiru terkenal dengan hasil ikan tunanya. Tak hanya dilempar ke pasar lokal, tapi juga ke Bali dan luar negeri. Jenis ikan tuna yang ada di Sendangbiru seperti Yellow Fin, big eye, albacore dan ikan lainnya seperti ikan

cakalang. Katanya, setiap hari ada 10 ton ikan tuna yang dibawa keluar Kabupaten Malang.dalam acara tersebut bupati bersama kalangan TNI Polri juga memanggang langsung hasil tangkapan para nelayan bersama disaksikan undangan & masyarakat setempat ( mansur/heru) 

Tidak ada komentar: