alihkan bahasa sesukamu!!

Kamis, 24 November 2011

menentukan kewenangan Kadipaten Hujung hingga Gunung Bromo.


LAWANG-MALANG
Yoni yang ditemukan di persawahan yang ditanami tebu di Desa Srigading, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang berdiri sekitar abad 10 atau sekitar tahun 925 Masehi. Yoni tersebut merupakan peninggalan jaman Hindoo atau jamannya Mpu Sindok. Hal ini ditegaskan Suwardono, arkeolog MalangA bidang klasik ketika meninjau lokasi. Suwardono menjelaskan, keberadaan yoni dan fragmen lingga, menguatkan jika candi tersebut adalah candi agama Hindu. Saat ditemukan, yoni sudah berubah arah, seharusnya corotnya menghadap ke utara dan kini menghadap ke timur. Seharusnya pintu candi ini menghadap ke timur atau menghadap ke Gunung Bromo.
Dia juga memperkirakan, bahwa candi yang didominasi dengan batu bata ini sebesar Candi Badut yang berada di Dravidian Malang. Perkiraan ukuran itu, berdasarkan ukuran yoni yang memiki tinggi sekitar 70 cm, lebar 90 cm persegi dengan lubang tengah 27 cm persegi. Kemungkinan lain, posisi yoni ini berada di ketinggian 3 cadence dari tanah. Jika digali sekelilingnya, akan terlihat longlegs candinya. Sedangkan candi ini dipergunakan untuk pendarmaan. Hal ini dikuatkan lagi dengan beberapa prasasti yang ditemukan di sekitar Desa Baturetno, Kecamatan Singosari.
Selama ini memang tidak ada warga yang berani naik ke gundukan tanah itu, karena diyakini angker. Sementara banyak warga luar desa yang datang ke gundukan tanah itu, untuk mencari wangsit. Setelah dipastikan jika gundukan itu adalah candi, pihaknya bersama warga akan menjaganya. Jangan sampai benda purbakala itu dirusak oleh tangan-tangan jahil, sambil menunggu tindakan pemerintah.
Yoni tersebut biasanya berada di tengah candi, tetapi ini dindingnya sudah tidak ada. Pembangunan candi pada masa ke-Rakian Hujung yang dijabat Mpu Madura Lokanjana. Wilayah kadipaten menurut prasasti Lingga Suntan, menentukan kewenangan Kadipaten Hujung hingga Gunung Bromo.Ini dikatakan juga oleh kepala desa rencananya besok (26/11)akan diadakan explorasi penelitian oleh pihak trowulan.(din/iz)
(MUH/SUR)

Tidak ada komentar: