alihkan bahasa sesukamu!!

Jumat, 31 Agustus 2012

KECELAKAAN MENINGKAT DI PASURUAN

Dibanding tahun lalu, jumlah kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah Polres Pasuruan selama pelaksanaan Operasi Ketupat Lebaran 2012, meningkat. Kata AKBP AHMAD IBRAHIM Kapolres Pasuruan, terhitung mulai jelang Lebaran sampai H+7, banyak terjadi kasus kecelakaan. Terutama di jalur Pasuruan menuju Malang.
Dari segi jumlah korban dengan tingkat fatalitas tinggi yaitu luka berat sampai meninggal dunia, di musim mudik dan balik Lebaran tahun ini, ada penurunan.Dengan jumlah korban meninggal dunia, 7 orang.  
Waktu mengudara di di sebuah radio, Senin 27 Agustus 2012, AKBP AHMAD IBRAHIM Kapolres Pasuruan mengatakan,  sebagian besar korban kecelakaan, pengendara sepeda motor. Penyebabnya, pelanggaran berlalu lintas alias human error. Seperti tidak melengkapi lampu kendaraan, ngebut dan melanggar marka jalan.   
Awal terjadinya kecelakaan, sebagian besar akibat pelanggaran lalu lintas. Misalnya, kasus kecelakaan di Gempol beberapa hari lalu yang menyebabkan pengendaranya meninggal dunia, dikarenakan korban melawan arus. Sedangkan kasus kecelakaan di Wonorejo yang melibatkan sepeda motor, disebabkan lampu depan motor, padam. Sehingga memicu terjadinya kecelakaan. Sementara itu, AKBP AHMAD IBRAHIM Kapolres Pasuruan mengakui, dibandingkan tahun lalu, kondisi kamtibmas selama Lebaran tahun ini jauh lebih aman. Indikatornya dilihat dari menurunnya jumlah kasus kriminalitas yang terjadi di wilayah kabupaten Pasuruan.   
Karena jumlah personel polisi di wilayah kerja Polres Pasuruan tidak sebanding dengan jumlah penduduk kabupaten Pasuruan, AKBP AHMAD IBRAHIM menghimbau semua masyarakat, bisa mendukung kinerja polisi. Minimal bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri.Menekan kasus kriminalitas bisa dilakukan secara mandiri. Jadi, tidak hanya mengandalkan polisi yang jumlahnya 1 berbanding 1.700 orang. Dengan asumsi, 1 polisi harus mengamankan 1.700 masyarakat. Karena total jumlah polisi di Polres Pasuruan, hanya 940 personel. Sehingga polisi tidak mungkin bisa bekerja dengan baik, tanpa dukungan dan peran dari masyarakat. seperti diberitakan beberapa jam lalu ada kecelakaan di kawasan jalan raya purwodadi tepatnya di sentul pasuruan jatim sepeda motor R2 yang menggunakan obrok ( alat papan berjualan di kursi belakang motor) tiba tiba terpelamting. Menurut beberapa warga yang melihat dimungkinkan papan pedagang (korban) tersebut terserempet hingga terpelanting,saat dilokasi polisi segera menangani kecelakaan tersebut ( Rus/din) 

Tidak ada komentar: